Penerapan Pembelajaran Biologi Model Problem Based Instruction Scientific untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP

ABSTRACT

Biologi merupakan salah satu mata pelajaran ilmu alam yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari. Pembelajaran biologi tergolong ke dalam IPA di Sekolah Menengah Pertama. Namun, masih ada pembelajaran yang masih didominasi oleh guru, kurang efektifnya pembelajaran, suasana kelas yang kurang hidup sehingga kurang mendorong siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bioologi dengan PBI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMP. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP N 1 Indramayu. Jenis penelitian merupakan deskripsi kualitatif yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Instrumen penelitian yaitu lembar keterlaksanaan PBI, Lembar obserservasi motivasi belajar siswa. Hasil penelitian didapatkan bebeberapa catatan observer dari keterlaksanaan PBI. Motivasi belajar siswa meningkat  dari siklus sebelumnya dan lebih baik dari pembelajaran sebelum diberikan tindakan kelas.

ARTICLE INFO

Keywords

Problem Based Instruction Scientific, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Biologi

Published

July 31, 2017

Issue

Vol 2 No 1 (2017)

How to Cite

Anggis, E. V. (2017). Penerapan Pembelajaran Biologi Model Problem Based Instruction Scientific untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Mangifera Edu, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v2i1.13

Downloads

Download data is not yet available.