Perbandingan Hasil Belajar Materi Ekosistem antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Tipe Think Talk Write (TTW) di SMAN 1 Losarang Indramayu
ABSTRACT
Model pembelajaran yang tepat dapat mendorong kemampuan belajar siswa sehingga membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dapat diterapkan model pembelajaran yang efektif yang dapat mendorong kemampuan- kemampuan siswa, salah-satunya dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) dan model Think Talk Write (TTW). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi ekosistem antara kelas yang menggunakan model Think Pair Sharedan Think Talk Write pada kelas X di SMAN 1 Losarang Indramayu. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Oktober 2017.Tempat penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Losarang Indramayu.Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan instrumen tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Cara pengambilan data peneliti terlebih dahulu melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share pada kelas eksperimen I dan Think Talk Write pada kelas eksperimen II, selanjutnya pengumpulan data dilakukan dengan tes essai (postes). Analisis data yang digunakan adalah 1) deskripsi data, 2) uji persyaratan analisis dan 3) uji hipotesis.Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa jika thitung≤ ttabel maka hipotesis nilai Ho diterima, berarti tidak ada perbedaan rata-rata dan jika thitung> ttabel maka hipotesis Ho ditolak berarti ada perbedaan rata- rata. Karena thitung = 3,725> ttabel 2,010 maka Ho ditolak yang artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Think Pair Share dan tipe Think Talk Write pada materi ekosistem.