Profil Miskonsepsi Siswa dalam Materi Sistem Ekskresi melalui Penugasan Peta Konsep
ABSTRACT
Miskonsepsi siswa dalam Mata Pelajaran Biologi disebabkan pada proses pembelajaran sebagian guru kurang memperhatikan konsep awal yang dimiliki siswa sehingga mereka sulit mempelajari konsep baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil miskonsepsi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sliyeg Indramayu pada materi sistem ekskresi melalui penugasan peta konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dan desain penelitiannya yaitu Pre-Experimental Designdengan bentuk One-shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sliyeg Indramayu yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 145 orang.Penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel Purposive Samplingdan diperoleh sampel yaitu kelas XI MIPA 4. Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan ganda beralasan disertai dengan CRI (Certainty of Respon Index)untuk mengeyahui miskonsepsi siswa dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap peta konsep. Setelah dilakukan pengolahan data, didapatkan hasil bahwa telah terjadi miskonsepsi siswa dalam kategori rendah pada materi sistem ekskresi dengan persentase rata-rata sebesar 18,8%. Hasilmiskonsepsi tersebut berhubungan dengan peta konsep yang dibuat siswa.
ARTICLE INFO
Keywords
Miskonsepsi, Peta konsep, sistem ekskresi, Tes CRIPublished
February 1, 2019Issue
Vol 3 No 2 (2019)How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Ismail Fikri Natadiwijaya, Lissa Lissa, Lesy Luzyawati, Development of a Creative Manual Book for Science Youth Scientific Group , Jurnal Mangifera Edu: Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Mangifera Edu
- Luthfika Adityo, Adinda Aulia Nur Afifah, Eva Yuliana, Lesy Luzyawati, Lissa Lissa, Ismail Fikri Natadiwidjaya, Anilia Ratnasari, Aditya Fauzan, Biodiversity Monitoring as a Basline for In-Situ and Ex-Situ Conservation Areas of PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Balongan, Indonesia , Jurnal Mangifera Edu: Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Mangifera Edu