Pengembangan Soal-Soal Pilihan Ganda untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Sistem Regulasi Manusia untuk Jenjng SMA
pdf

Keywords

Pengembangan Soal
Berpikir Kritis
Sistem Regulasi Manusia

How to Cite

Ipin, A. (2018). Pengembangan Soal-Soal Pilihan Ganda untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Sistem Regulasi Manusia untuk Jenjng SMA. Jurnal Mangifera Edu, 3(1), 26-39. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v3i1.10

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik untuk dapat bersaing di abad 21.Keterampilan berpikir kritis siswa dapat dikembangkan melalui pembelajaran serta alat evaluasi keterampilan berpikir kritis yang tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan termodifikasi, yaitu dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yang meliputi penentuan tujuan penelitian, penyusunan kisi-kisi soal, pembuatan draft soal, uji validasi ahli, uji coba terbatas, uji coba lapangan 1 dan uji coba lapangan 2, hasil dari uji coba lapangan 2 itulah didapatkan soal produk. Populasi dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa kelas XI SMA semester II yang telah memperoleh materi tentang sistem regulasi manusia. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengambilan sampel berdasarkan tujuan atau purposif sampling pada 84 siswa dari kelas XI Semester II di SMAN 1 Beber dan SMAN 1 Jamblang. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan softwere ANATES pada uji coba terbatas menghasilkan soal valid sebanyak 23 soal, pada uji coba lapangan 1 menghasilkan 16 soal yang valid, pada uji coba lapangan 2 menghasilkan 11 soal yang valid dengan konsistensi realibilitas tes keseluruhan sebesar 0,81 (tinggi). Dapat disimpulkan produk soal tes kemampuan berpikir kritis yang telah dikembangkan memiliki keandalan yang baik dan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem regulasi manusia untuk tingkat SMA.

https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v3i1.10
pdf

Downloads

Download data is not yet available.