Analysis of Computer-Based Teaching Materials in Biology Learning Using Bibliometric Tools (Application of the SLNA Method)

ABSTRACT

Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif deskriptif dengan  menggunakan metode SLNA yang bertujuan untuk mengetahui hasil analisis bahan ajar berbasis komputer pada pembelajaran bioteknologi. Bahan ajar berbasis komputer berisikan materi-materi ajar dengan menggunakan komputer sebagai media pembelajaran efektif. Subjek penelitian ini yaitu bahan ajar komputer pada pembelajaran bioteknologi itu sendiri. Pada penelitian ini juga peneliti melakukan analisis sebanyak 25 artikel yang telah difiltrasi berdasarkan topik bahan ajar komputer. Analisis tersebut dimuat dalam beberapa komponen seperti judul, tahun, doi, author, metode, hasil analisis, dan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan Bibliometrix tools (Aplikasi metode SLNA) sebagai media yang digunakan dalam menganalisis artikel-artikel tersebut. Dari penelitian ini maka diperoleh kesimpulan penggunaan bahan ajar komputer menghasilkan pengaruh positif yang hasilkan yaitu bersifat efektif dan fleksibel dalam pembelajaran bioteknologi karena dapat memvisualisasikan materi ajar kedalam bentuk gambar, video, suara sehingga memberi kesan yang tidak membosankan saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

ARTICLE INFO

Keywords

Computer Teaching Materials;, Biology Learning;, SLNA

Published

April 2, 2023

Issue

Vol 7 No 2 (2023)

How to Cite

Hizqiyah, I. Y. N., Mia Nurkanti, Armansyah Putra, Nurul Syifa, Meili Yanti, & Nia Nurdiani. (2023). Analysis of Computer-Based Teaching Materials in Biology Learning Using Bibliometric Tools (Application of the SLNA Method). Jurnal Mangifera Edu, 7(2), 135-144. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v7i2.156

Most read articles by the same author(s)

Downloads

Download data is not yet available.