Ensiklopedia Fauna, Inkuiri Terbimbing, dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Filum Invertebrata
ABSTRACT
Proses pembelajaran filum invertebrata yang terbatas pada media dan metode tertentu berakibat pada rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Masalah ini dapat diatasi dengan penggunaan ensiklopedia fauna sebagai media pembelajaran. Dalam penggunaannya guru berinovasi dengan menyusun lembar kerja siswa. Metode inkuiri terbimbing dipakai untuk menyelesaikan lembar kerja yang disiapkan. Kolaborasi ensiklopedia fauna, lembar kerja siswa dan penggunaan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Siswa dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi diharapkan dapat memanfaatkannya sebagai bekal untuk proses pendidikan selanjutnya dan dapat menjawab tuntutan kehidupan sehari-hari.
ARTICLE INFO
Keywords
siswa, filum invertebrata, inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir, berpikir tingkat tinggiPublished
July 31, 2017Issue
Vol 2 No 1 (2017)How to Cite
Bunga, Y. N. (2017). Ensiklopedia Fauna, Inkuiri Terbimbing, dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Filum Invertebrata. Jurnal Mangifera Edu, 2(1), 50-58. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v2i1.18