Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perubahan Sifat Benda di Kelas V SD Negeri Prapag Kidul 01 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes
pdf

Keywords

Model pembelajaran snowball throwing
hasil belajar
pembelajaran IPA

How to Cite

Indrayani, C., & Surachman, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perubahan Sifat Benda di Kelas V SD Negeri Prapag Kidul 01 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Jurnal Mangifera Edu, 3(2), 88-99. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v3i2.23

Abstract

Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah kurangnya respon siswa terhadap pembelajaran IPA, sehingga hasil belajar pada mata pelajaran IPA masih ada yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Berdasarkan masalah tersebut, maka peneliti melakukan upaya agar pembelajaran pada mata pelajaran IPA menerapkan model pembelajaran snowball throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan respon siswa pada model pembelajaran  snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan sifat benda di kelas V SD Negeri Prapag Kidul 01 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 24 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampling yaitu dengan menggunakan sampel jenuh, dengan dibagi menjadi dua kelompok yaitu eksperimen dan kontrol dengan jumlah 12 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil angket respon siswa dan uji hipotesis, berdasarkan hasil angket respon positif siswa terhadap model pembelajaran snowball throwing dari 12 siswa memperoleh sebesar 81,6% atau dengan kriteria sangat kuat. Sedangkan hasil perhitungan uji hipotesis pada uji N-Gain diperoleh kelompok eksperimen sebesar 84,93 sedangkan kelompok kontrol sebesar 52,37 dari hasil tersebut 84,93>52,37selain itu berdasarkan uji T independent samples test memperoleh nilai (α) 0,025 > P value 0,000, maka H1 diterima dan H0 ditolak atau artinya model pembelajaran snowball throwing berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA materi perubahan sifat benda pada siswa kelas V SD Negeri Prapag Kidul 01 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes.

https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v3i2.23
pdf

Downloads

Download data is not yet available.