Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekosistem di SMA dengan Penugasan Presentasi Poster

ABSTRACT

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dan praktis dalam penerapannya di sekolah serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Losarang Kab. Indramayu. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas silabus, RPP, bahan ajar, LKS, dan soal evaluasi. Hasil validasi konstruk perangkat pembelajaran ini valid yang telah divalidasi oleh pakar dengan nilai validasi silabus 4,0; RPP 4,1; bahan ajar 4,0; LKS 4,1; Evaluasi pembelajaran/soal-soal evaluasi 3,8 dari nilai maksimal penelitian 5,0. Penelitian ini efektif digunakan dalam kegiatan belajar mengajar karena ketuntasan belajar (KKM) mencapai 85%. Motivasi belajar siswa meningkat mencapai 83,5%, dan Keterlaksanaan pembelajaran 3,9 dari nilai maksimal 5,0 dengan kategori praktis. Simpulan dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran Ekosistem Di SMA Dengan Penugasan Presentasi Poster valid, efektif dan praktis sehingga dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, dan meningkatkan motivasi belajar siswa.

ARTICLE INFO

Keywords

Presentasi poster, Pembelajaran Ekosistem, Perangkat Pembelajaran

Published

July 31, 2017

Issue

Vol 2 No 1 (2017)

How to Cite

Rahman, D. F. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekosistem di SMA dengan Penugasan Presentasi Poster. Jurnal Mangifera Edu, 2(1), 8-19. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v2i1.14

Downloads

Download data is not yet available.