Penerapan Pembelajaran Biologi Model Problem Based Instruction Scientific untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP
ABSTRACT
Biologi merupakan salah satu mata pelajaran ilmu alam yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari. Pembelajaran biologi tergolong ke dalam IPA di Sekolah Menengah Pertama. Namun, masih ada pembelajaran yang masih didominasi oleh guru, kurang efektifnya pembelajaran, suasana kelas yang kurang hidup sehingga kurang mendorong siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bioologi dengan PBI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMP. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP N 1 Indramayu. Jenis penelitian merupakan deskripsi kualitatif yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Instrumen penelitian yaitu lembar keterlaksanaan PBI, Lembar obserservasi motivasi belajar siswa. Hasil penelitian didapatkan bebeberapa catatan observer dari keterlaksanaan PBI. Motivasi belajar siswa meningkat dari siklus sebelumnya dan lebih baik dari pembelajaran sebelum diberikan tindakan kelas.
ARTICLE INFO
Keywords
Problem Based Instruction Scientific, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran BiologiPublished
July 31, 2017Issue
Vol 2 No 1 (2017)How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Eka Vasia Anggis, Penerapan Model Kooperatif Jigsaw Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa , Jurnal Mangifera Edu: Vol 1 No 1 (2016): Mangifera Edu