Penerapan Model Kooperatif Jigsaw Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa
ABSTRACT
Berdasarkan observasi pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Kelas B 2013 di
UM, didapatkan kondisi pembelajaran yang baik. Namun, 65% mahasiwa tidak memiliki
tanggung jawab akan tugas, 75% kurangnya komunikasi dan kerjasama antarkelompok.
45% mahasiswa kurang fokus dalam menerima pembelajaran, 80% posisi duduk belum
mencerminkan adanya interaksi antarkelompok. 40% terdapat nilai mahasiswa kurang
pada ulangan harian sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan
keaktifan mahasiswa melalui jigsaw berbasis LS. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas berbasis Lesson Study (PTK_LS). Pendekatan penelitian deskriptif
kualitatif. Prosedur penelitian PTK_LS sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah
mahasiswa biologi UM Kelas B. Instrumen penelitian meliputi lembar instrumen
penilaian keterlaksanaan LS, intrumen penilaian lembar observasi keaktifan siswa. Hasil
penelitian ini adalah keterlaksanaan jigsaw_LS sebesar 100%. Penerapan model
Jigsaw_LS dapat meningkatkan keaktifan siswa sebesar 3,75% dari siklus I ke siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini penerapan Jigsaw_LS dapat meningkatkan keaktifan
mahasiswa .
ARTICLE INFO
Keywords
Model Jigsaw_LS, Keaktifan MahasiswaPublished
July 31, 2016Issue
Vol 1 No 1 (2016)How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Eka Vasia Anggis, Penerapan Pembelajaran Biologi Model Problem Based Instruction Scientific untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP , Jurnal Mangifera Edu: Vol 2 No 1 (2017): Mangifera Edu