Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
ABSTRACT
Berdasarkan observasi di SMAN 6 Cirebon menunjukkan belum semua siswa aktif di
kelas, dan 60% hasil belajar siswa masih dibawah KKM 80. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut peneliti menerapkan bahan ajar dengan pendekatan jelajah alam
sekitar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPA 4 SMAN 6 Cirebon tahun
pelajaran 2014/2015.
Penelitian dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah yaitu: apakah penerapan
bahan ajar dengan pendekatan JAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPA
4 tahun pelajaran 2014/2015 pada konsep pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
Penelitian ini dilaksanakan pada Siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 6 Cirebon
tahun pelajaran 2014/2015 pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan
tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan
selama dua pertemuan dengan menggunakan beberapa metode penelitian, yaitu metode
observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan metode tes untuk mengetahui
hasil belajar siswa.
Penerapan metode penerapan bahan ajar pendekatan alam sekitar dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPA 4 SMAN 6 Cirebon tahun pelajaran
2014/2015 pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Hal ini ditunjukkan
pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 74 dengan persentase ketuntasan
belajar klasikal sebesar 49% masuk kategori belum berhasil. Pada siklus 2 terjadi
peningkatan, untuk nilai rata-rata kelas diperoleh sebesar 83 dengan persentase
ketuntasan belajar kalasikal sebesar 95% dalam kategori berhasil. Penerapan metode
penerapan bahan ajar pendekatan alam sekitar dapat meningkatkan aktivitas belajar
Siswa kelas XII IPA 4 SMAN 6 Cirebon tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat
dari hasil pengamatan terhadap siswa pada siklus 1 diperoleh skor sebesar 67 dalam
kategori sedang, kemudian meningkat di siklus 2 sebesar 83 dalam kategori baik
ARTICLE INFO
Keywords
Jelazah Alam Sekitar, Hasil BelajarPublished
December 5, 2019Issue
Vol 1 No 1 (2016)How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Sugianto Sugianto, Diversifikasi Produk Olahan Mangrove Bisa Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir Indramayu , Jurnal Mangifera Edu: Vol 3 No 2 (2019): Mangifera Edu
- Sugianto Sugianto, Kajian Bioetika Tanaman Transgenik , Jurnal Mangifera Edu: Vol 1 No 2 (2017): Mangifera Edu
- S Sugianto, A Fitriani, S Angraeni, W Setiawan, Corelation of Multiple Intelegence Profiles on Initial Conditions of Plant Anatomy Practicum to the Needs of a Blended Learning Digital Microscope , Jurnal Mangifera Edu: Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mangifera Edu
- Sugianto Sugianto, Ismail Fikri Natadiwijaya, Dwi Fauzi Rachman, Web-Integrated Digital Microscope to Improve Students' Spatial Visual Intelligence in Blended Learning-based Plant Anatomy Practicum , Jurnal Mangifera Edu: Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Mangifera Edu